Tips Merawat Tablet Agar Awet dan Tahan Lama

Tablet itu apa ya?. Mungkin terdengar aneh jika belum pernah mengetahui seperti apa bentuknya, fuingsinya dan juga cara pemakaiannya. Ya maklum saja wong ndeso memang masih ada yang kuper, jadi ya begitulah. Apalagi bicara tentang merawat tablet biar awet. bentuknya saja kadang ada yang belum tahu hehe. Apalagi tentang bagaimana cara memakai tabletnya?. Namun sebenarnya beberapa fungsinya juga tidak jauh berbeda kok dengan handphone (ponsel)

Tablet merupakan salah satu perangkat yang bisa digunakan berkomunikasi satu arah dan dua arah, ya mirip dengan smartphone lah, hanya saja bentuknya agak lebar dan lebih besar. Selain itu tablet juga sudah bisa mengerjakan apa yang bisa dikerjakan oleh komputer, meskipun tidak sebagus laptop/komputer hasilnya. Banyak sekali jenis tablet yang dijual dipasaran mulai dengan harga yang murah sampai dengan harga yang paling mahal. Hal ini tentu berdasar dari spesifikasi dan fitur yang diusung ya gan.
tips merawat tablet agar awet

Oke langsung saja untuk perawatan, berikut ada tips merawat tablet biar awet dan tahan lama.
  1. Saat pertama membeli pastikan dicharge terlebih dahulu sekitar 8 jam dalam keadaan dimatikan biar baterai tablet terisi penuh.
  2. Bacalah buku petunjuk pemakaian, biasanya pada dus sudah ada. Jadi jika baru menggunakan tablet biar tidak bingung dan tidak salah pencet, yang akhirnya bisa menimbulkan kerusakan.
  3. Pastikan tidak sering gonta-ganti charger, karena biasanya tegangan yang dipakai pada charger disesuaikan dengan kebutuhan pengisian baterai tablet. Jadi jika charger aslinya rusak sebaiknya kita ganti dengan charger yang sesuai dengan spesifikasi sebelumnya, misalnya tegangan out 6V dan arus 500 mA ya harus diganti dengan ukuran tersebut. Biasanya ada tulisannya kok sob dibody charger. Selain itu saat pengisian daya baterai sebaiknya tablet dalam posisi off ya gan
  4. Sebaiknya saat menggunakan Tablet tidak sambil dicharger. Misalnya menelepon sambil dicas, memainkan musik sambil dicas dan sebagainya. Hal ini agar arus yang masuk ke baterai tidak langsung terpakai, lama kelamaan bisa juga menyebabkan baterai menggembung. Apalagi belum ada proteksi tegangan berlebih pada Tablet bisa bahaya itu gan. 
  5. Gunakan anti gores, biar bekas sentuhan tangan atau benda lain tidak langsung mengenai penutup LCD. Dengan begitu layar tablet bisa lebih terjaga keamanannya.
  6. Gunakan pembersih LCD jika kotor, jadi jangan pakai air atau dilap pakai benda yang kasar ya gan.
  7. Saat baterai sudah low bat segera dicharger. Jika tidak memungkinan sebaiknya dimatikan lebih dulu sampai ketemu chargernya.
  8. Pergunakan pelindung tablet ketika dibawa kemana-mana, hal ini bertujuan biar aman jika terkena benturan ringan. 
  9. Jika ada fitur bluetooth atau wifi, matikan ketika tidak tersambung atau tidak digunakan.
  10. Tidak mengisi memori external maupun internal hingga hampir penuh, hal ini bertujuan agar tablet tidak kesulitan mengakses file di memori tersebut. Karena hal ini juga bisa memicu terjadinya hang, tablet jadi berat dan sebagainya
  11. Tidak menginstall aplikasi berlebihan dan melebihi spesifikasi tablet. Misalnya kita menginstall aplikasi yang membutuhkan Ram minimal 512 dengan OS minimal Android jelly bean, sementara tablet ramnya masih dibawah 512, hal ini tentu akan memberatkan kinerja tablet gan. Inilah yang bisa menjadikan tablet gagal booting, hang bahkan bisa juga mati total.
Mungkin itu dulu ya gan lain waktu jika ada yang lain akan diupdate, semoga sedikit ini bisa bermanfaat dan diterapkan pada tablet yang anda miliki ya gan. 
Artikel Terkait

No comments :

Post a Comment

Isikan komentar dengan bijak